Meriahnya Suasana Kampung Wujud Tingginya Partisipasi Warga Dusun Kikis, RT 01/X

GEDAWUNG | Malam tadi (12/08/2019) terpancar wajah sumringah warga Dusun Kikis, RT 01/X Desa Gedawung. Pasalnya usaha berminggu-minggu warga mempercantik kampungnya akhirnya memasuki malam puncak yaitu Malam Penilaian Lomba K3 Tingkat Kecamatan Kismantoro. Dusun Kikis, RT 01/X merupakan perwakilan dari Desa Gedawung yang menjadi lokasi penilaian Lomba Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban (K3) Tingkat Kecamatan Kismantoro.

Tari Gambyong dalam penyambutan Tim Penilai K3 Kecamatan

Lomba K3 dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 74.  Tahun 2019 ini Dusun Kikis menjadi perwakilan Desa Gedawung dalam mengikuti lomba K3 tingkat kecamatan, proses penentuan perwakilan desa yang akan mengikuti lomba K3 tingkat kecamatan di Desa Gedawung melalui undian bergilir yang setiap tahunnya bergantian diantara 5 dusun yang ada di Desa Gedawung.

Gapura Masuk Kampung Dusun Kikis, RT 01/X

Malam tadi Dusun Kikis, RT 01/X sepanjang jalan penuh dengan cahaya, warna cat merah putih menempel indah di sepanjang pagar yang dipasang dari pintu masuk kampung sampai ujung kampung. Jalan-jalan desa nampak rapi karena marka jalan dipercantik lagi. Tanaman sayuran dan tanaman obat keluarga juga menghiasi pekarangan tiap rumah.

Kreativitas masyarakat Dusun Kikis, RT 01/X

Rumah-rumah warga juga memiliki identitas masing-masing yang lengkap dengan adanya Bendera Merah Putih, lampu penerangan jalan, tong sampah yang sudah dipisahkan antara sampah organik dan non-organik serta kerapihan setiap rumah yang dijaga.

Pos Ronda Dusun Kikis, RT 01/X

Lomba K3 ini juga menilai tentang aspek keamanan kampung yang menitikberatkan pada fasilitas pos ronda, kegiatan ronda malam serta kerukunan masyarakat. Pada lokasi-lokasi tertentu terpampang hasil kreativitas masyarakat Dusun Kikis, RT 01/X seperti adanya lukisan perjuangan dan lukisan-lukisan tentang keindahan alam dan budaya. Tim Penilai K3 Kecamatan malam tadi juga disuguhi beberapa potensi seni budaya yang dimiliki warga Dusun Kikis, RT 01/ X yang meliputi Tari Gambyong, Tari Jathilan, Tari Bujang Ganong, Kesenian Hadrah serta Kesenian Tretek Ronda Kampung.

Tari Jathilan salah satu potensi kesenian Dusun Kikis, RT 01/X

Warga masyarakat dalam menyikapi rangkaian kegiatan Lomba K3 menyadari bahwa lomba K3 merupakan sarana untuk mempererat kerukunan antar warga dan sarana menumbuhkan rasa peduli terhadap kampung. Adanya persiapan kegiatan yang dilaksanakan berminggu-minggu mewujudkan tumbuhnya rasa memiliki seluruh warga Kikis terhadap kampungnya. Harapan seluruh warga Dusun Kikis, RT 01/X adalah kerukunan antar warga serta rasa peduli terhadap lingkungan terus terjalin meskipun dengan menyandang predikat juara ataupun tidak.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan