Balita Desa Gedawung Mendapat Pemeriksaan Gratis Dari BP2GAKI Magelang

GEDAWUNG | Pagi ini (25/07/2019), satu mobil berplat merah Kabupaten Magelang terparkir di halaman Kantor Desa Gedawung. Mobil tersebut ditumpangi oleh beberapa petugas kesehatan dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI yang berdomisili di Kabupaten Magelang. Para petugas kesehatan tersebut datang di Desa Gedawung untuk mengecek tingkat perkembangan kesehatan balita Desa Gedawung.

Desa Gedawung merupakan salah satu desa di Kecamatan Kismantoro yang menjadi lokasi uji petik kondisi tingkat perkembangan kesehatan balita di Kabupaten Wonogiri. Program ini merupakan salah satu implementasi dari Panca Program Bupati Wonogiri yaitu Sehat Wargane.

Balita Desa Gedawung yang mendapatkan pemeriksaan gratis dari BP2GAKI Magelang

Beberapa tahun ini Kecamatan Kismantoro merupakan kawasan zona merah kemiskinan yang dari segi kesehatan masih banyaknya balita yang kekurangan zat yodium. Kekurangan zat yodium ini ditandai dengan tumbuh kembang otak anak sangat lambat, di Desa Gedawung sendiri masih terdapat beberapa penduduk yang tumbuh kerdil dan juga merupakan penduduk dengan taraf ekonomi yang rendah.

Petugas dari BP2GAKI Magelang ini terdiri dari ahli gizi, psikolog, laborat, dokter anak dan juga dokter umum. Balita Desa Gedawung semua dicek secara intensif dan hasilnya akan dibawa ke kantor BP2GAKI Magelang untuk dianalisis dan hasilnya akan dilaporkan kepada Bapak Bupati Wonogiri.

PJ Kepala Desa Gedawung menyampaikan ucapan terima kasih kepada BP2GAKI Magelang

Dalam sambutannya beliau Bapak Sularto, S.IP, M.Hum selaku PJ Kepala Desa Gedawung menyampaikan ucapan terima kasih kepada BP2GAKI yang telah memberikan pemeriksaan gratis kepada balita Desa Gedawung dan hasil dari pemeriksaan tersebut semoga seluruh Balita Desa Gedawung bebas dari kekurangan zat yodium.

Petugas Kesehatan dari BP2GAKI Magelang

Pemeriksaan Tingkat Konsumsi Zat Iodium bagi Balita Desa Gedawung tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh orangtua di Desa Gedawung betapa pentingnya pemberian garam beryodium bagi keluarga. Hasil pemeriksaan tersebut juga diharapkan menjadi masukkan kepada Pemerintah Desa Gedawung dan seluruh masyarakat Desa Gedawung untuk meningkatkan tingkat kesehatannya salah satunya mulai sadar akan pentingnya mengonsumsi garam yang mengandung zat beryodium.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan