Petruk Dadi Ratu Lakon Pagelaran Wayang Kulit di Dusun Joho, Desa Gedawung

GEDAWUNG | Luar biasa, itulah ucapan yang dapat disematkan kepada seluruh masyarakat Dusun Joho, Desa Gedawung. Pasalnya Dusun Joho menjadi pelopor dusun-dusun lainnya dalam hal menjaga tradisi Jawa dengan menyelenggarakan acara Bersih Dusun dengan mementaskan pagelaran wayang kulit.

Kegiatan Bersih Dusun merupakan salah satu tradisi Jawa yang mulai ditinggalkan oleh mayoritas masyarakat Jawa itu sendiri. Bersih Dusun merupakan salah satu sarana masyarakat Jawa untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa yang bertujuan untuk menghilangkan gangguan yang ada di suatu wilayahnya. Mungkin mayoritas masyarakat modern mulai tidak mempercayai kegiatan tersebut, namun kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya menjaga tradisi Jawa agar tidak hilang ditengah-tengah peradaban modern.

Kegiatan Bersih Dusun di Dusun Joho diselenggarakan oleh masyarakat Dusun Joho sendiri dengan bergotong-royong. Kegiatan Bersih Dusun di Dusun Joho diselenggarakan dengan mementaskan pagelaran wayang kulit. Pagelaran wayang kulit tersebut mengambil lakon cerita Petruk Dadi Ratu yang mengisahkan orang jelata yang dapat melengserkan raja yang bertindak sewenang-wenang dan mengambil alih tahta kerajaan tersebut.

Pagelaran Wayang Kulit di Dusun Joho patut diacungi jempol karena menampilkan seluruh potensi seni yang ada di Desa Gedawung. Dalang dari pagelaran wayang kulit tersebut adalah Ki Bagong Purbo Carito dari Dusun Miri, Kelompok Pengrawit bernama Bedigas Laras dari Dusun Manglu serta ada penampilan Kesenian Tari Remong dari Dusun Klampisan.

Kelompok Pengrawit Bedigas Laras dari Dusun Manglu

Kegiatan Bersih Dusun Joho yang menampilkan pagelaran wayang kulit tersebut berlokasi di lokasi ex-tambang di barat makam Ki Ageng Samodin Gunung Malang, Dusun Joho Desa Gedawung.

Kegiatan Bersih Dusun tersebut diharapkan bahwa seluruh masyarakat Dusun Joho khususnya dan Desa Gedawung pada umumnya dapat beraktivitas kembali tanpa ada rasa kekhawatiran terhadap bencana. Selain itu kegiatan tersebut dapat menghibur seluruh warga masyarakat Desa Gedawung.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan