Kegiatan Musrenbangdes Desa Gedawung 2018

IMG20180117094631Rabu, 17 Januari 2018 Desa Gedawung melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes)

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), merupakan agenda tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk merumuskan rencana kerja pembangunan tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbangdes mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) desa lengkap dengan rencana tahunan yaitu RKP Desa. Musrenbangdes dimaksudkan bisa membangun sinergi kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa.

IMG20180117111309
Anggota BPD Desa Gedawung (dari kiri ke kanan Ketua BPD Tino, Suprihatin dan cucu, Sutrisno, Warto, Muh.Muhaimin)

Musrenbangdes adalah forum perencanaan program yang dilaksanakan oleh pemerintah desa, bersama lembaga, warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Tahun ini, Musrenbang Desa Gedawung terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Desa Gedawung telah memiliki personil baru yaitu 4 perangkat desa baru  yang telah mengisi kekosongan Kepala Urusan Umum dan Perencanaan, Kepala Seksi Kesejahteraan, Kepala Dusun Klampisan dan Kepala Dusun Joho. Tambahan 4 personil baru tersebut, membawa perubahan pada peningkatan pelayanan di Desa Gedawung. Acara Musrenbangdes Desa Gedawung tahun ini dihadiri oleh segenap stakeholder Desa Gedawung mulai dari Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) yang terdiri dari Bapak Sekcam Kismantoro Sularto, S.IP, M.Hum, Kapolsek Kismantoro diwakili Putut Budi Nugroho, Danramil Kismantoro yang diwakili Sutaji, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Dangi Darmanto, S.H, UPK Kismantoro, Puskesmas Kismantoro, unsur pemerintah desa, BPD, LPM, TP PKK, Ketua RT RW, unsur perempuan dari kader posyandu dan PKK, dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Gedawung.

IMG20180117092721
Perwakilan perempuan dalam Musrenbangdes Desa Gedawung 2018

Dalam sambutanya, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Dangi Darmanto, SH menyampaikan bagaimana proses penyusunan APBDes melalui kegiatan Musrenbangdes untuk menjaring aspirasi masyarakat dan memberikan angin segar kepada masyarakat Desa Gedawung bahwa untuk APBD Perubahan Kab. Wonogiri 2018 Desa Gedawung akan mendapat kucuran dana dari aspirasi Anggota DPRD. Selanjutnya Kepala Desa Gedawung Bapak Suradi dalam sambutannya menyampaikan laporan capaian penggunaan dana desa tahun 2017 dan juga menyampaikan rencana penggunaan dana desa pada tahun 2018 baik bidang pembagunan fisik, sosial budaya, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan juga pengentasan kemiskinan.

IMG-20180118-WA0011
Bapak Suradi Kepala Desa Gedawung menyampaikan sambutan dan melaporkan realisasi penggunaan anggaran tahun 2017 dan juga rencana penggunaan anggaran tahun 2018

Camat Kismantoro yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekcam Kismantoro Bapak Sularto, S.IP, M.Hum menyampaikan beberapa kritik, saran dan masukan bagi Desa Gedawung dimana Desa Gedawung sebagai pintu gerbang masuk Kecamatan Kismantoro dari arah utara, sehingga Desa Gedawung harus berbenah untuk sejajar dengan desa yang lain karena tidak hanya masyarakat Desa Gedawung tetapi masyarakat diluar Desa Gedawung juga dapat menilai perkembangan dan perjalanan Desa Gedawung. Sekcam Kismantoro juga mengucapkan selamat bermusyawarah dan berpesan untuk menjadikan forum ini untuk wahana memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan warga.

IMG20180117104904
Sularto, S.IP, M.Hum-Sekcam Kismantoro memberikan sambutan dalam Musrenbangdes Desa Gedawung Tahun 2018 (17/01)

Pada Musrenbangdes Tahun 2018 ini musyawarah terlihat lebih aktif dimana semua lapisan masyarakat mengusulkan gagasannya karena untuk usulan bidang pembangunan telah dikompilasi terlebih dahulu melalui kegiatan musyawarah dusun pada Senin hingga Jumat (8-12/01), sehingga pada musyawarah kemarin (17/01) masyarakat diberi waktu yang cukup untuk mengusulkan kegiatan pembangunan di bidang pembinaan kemasyarakatan dan bidang pemberdayaan masyarakat desa. Ketua Panitia Musrenbang Desa Gedawung, Parji, didampingi empat anggota lainya memandu musrenbang selama 3 jam. Setelah disampaikan hasil usulan musrenbangdes, kemudian ditentukan delegasi atau perwakilan Desa Gedawung yang akan menyampaikan aspirasi pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam). Sedikitnya ada 26 rumusan kegiatan pembangunan yang bakal diusulkan ke musrenbangcam tanggal 14 Februari mendatang. Tak hanya Desa Gedawung yang melakukan musrenbang desa di bulan ini. Sesuai jadwal yang disepakati pada rakor di kantor Camat Kismantoro pada hari Kamis (4/01), bahwa pelaksanaan musrenbang desa se-Kecamatan Kismantoro dilaksanakan antara tanggal 15 s/d 22 Januari 2018. Diharapkan jeda waktu hingga tanggal 14 Februari bisa digunakan oleh masing-masing desa untuk mengupload data hasil musrenbang ke aplikasi online e-musrenbang.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan